Jumat, 12 Oktober 2012

tugas 2 " contoh etika di masyarakat"

ETIKA BERBEDA PENDAPAT

Ikhlas dan mencari yang haq serta melepaskan diri dari nafsu di saat berbeda pendapat. Juga menghindari sikap show ( ingin tampil ), membela diri dan nafsu. Berbaik sangka kepada orang yang berbeda pendapat dengan kita dan tidak menuduh buruk niatnya, mencela dan menganggapnya cacat.
Sebisa mungkin berusaha untuk tidak memperuncing perselisihan, yaitu dengan cara menafsirkan pendapat yang keluar dari lawan dengan tafsiran yang baik.
Berusaha sebisa mungkin untuk tidak mudah menyalahkan orang lain, kecuali sesudah penelitian yang dalam dan difikirkan secara matang. Berlapang dada di dalam menerima kritikan yang ditujukan kepada anda atau catatan-catatan yang dialamatkan kepada anda.
Sedapat mungkin menghindari permasalahan-permasalahan khilafiyah dan fitnah.
Berpegang teguh dengan etika berdialog dan menghindari perdebatan, bantah-membantah dan kasar menghadapi lawan.
Mengembalikan perkara yang diperselisihkan kepada Kitab Al-Qur'an dan Sunnah. Karena Allah Subhaanahu wa Ta'ala telah berfirman yang artinya: "Dan jika kamu berselisih pendapat tentang sesuatu maka kembalikanlah ia kepada Allah (Kitab) dan Rasul". (An-Nisa: 59).
(Sumber: Kitab "Etika Kehidupan Muslim Sehari-hari" By : Al-Qismu Al-Ilmi-Dar Al-Wathan)

Menurut saya, tindakan yang selalu menganggap bahwa apa yang kita ungkapkan adalah lebih baik dari pendapat orang lain adalah hal yang kurang tepat. Setiap orang dibekali kemampuan yang berbeda – beda, termasuk kapasitasnya dalam memberikan tanggapannya dalam suatu masalah. Belum tentu apa yang kita ungkapkan itu benar. Jadi kita harus mau menerima pendapat orang lain yang dirasa lebih tepat dibandingkan pendapat yang kita utarakan. Apalagi dalam hidup bermasyrakat,tidak bisa keputusan mengenai kepentingan kita ambil sendiri tanpa menimbang – nimbang keputusan orang lain.
Apabila dalam keadaan musyawarah dan terjadi silang pendapat, sebaiknya masing – masing pihak yang terlibat tidak mementingkan egonya dan larut dalam emosinya masing – masing karena keputusan yang akan diambil pasti bukan merupakan keputusan yang terbaik. Belajarlah sedini mungkin untuk selalu menghargai pendapat orang lain. Apabila pendapat yang dilontarkan orang lain tidak tepat, berikan masukan yang lebih tepat dengan cara yang baik agar situasi dalam kehidupan bermasyarakat tetap rukun dan harmonis.

http://pancurbirulestari2.blogspot.com/2009/01/etika-bermasyarakat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar