Sabtu, 17 November 2012

Tugas ke 5 "kasus pt great river internasional"


KASUS PT GREAT RIVER INTERNASIONAL Tbk
1) Indentifikasi  pelanggaran apa saja yang terjadi dalam artikel diatas !
      Pelanggaran yang dilakukan diantaranya adalah adanya indikasi konspirasi yag dilakukan salah seorang akuntan dari akuntan publik tersebut dala penyajian laporan keuangan. Akuntan publik tersebut mengakui bahwa metode pencatatan yang terapkan tidak sesuai denga  ketentuan yang ada, tapi tidak diberikan arahan untuk merubahnyam bahkan terkesan cenderung membiarkannya. Perusahaan juga mencantumkan nilai ekspor dengan menjumlahkan harga bahan baku, aksesoris,ongkos kerja dan lapa perusahaan meskipun kenyataanya Great River hanya mengeluarkan ongkos operasional pembuatan pakaian karena bahan baku berasal dari pemesan. Pelanggaran lainnya adalah penggelembungan akun penjualan , piutang, dan asset lainnya senilai ratusan miliar rupiah.
2) apakah ada hubungan antara kesalahan pencatatan atas laporan keuangan dengan kesulitan perusahaan dalam membayar utangnya ?
      Ada, karena jumlah asset yang dimiliki tidak sesuai dengan kenyataanya, yang jauh lebih sedikit mengingat terdapat beberapa akun perusahaan yang digelembungkan. Apanila perusahaan dilikuidasi akan tetap membuat perusaahn mengalami kesulitan pelunasan hutang karena jumlah akitiva perusahaan yang telah dilikuidasi tidak akan cukup untuk membayar hutangnya. Akam tetap terjadi kekurangan anggaran karena jumlah kas yang tersedia tidak sesuai dengan apa yang tertera dalam laporan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar